KULINER YANG HARUS DI COBA DI SOLO

KULINER KHAS SOLO YANG WAJIB KALIAN COBA JIKA DATANG KE SOLO!

Solo terkenal dengan kulinernya yang ga ada habisnya khususnya kuliner pinggiran yang selalu diincar oleh para pecinta kuliner. Solo merupakan pilihan tepat kalau kalian ingin bener-bener cobain street food dan beberapa cafe yang menurut gue patut untuk kalian coba walaupun memang di Jakarta udah banyak banget cafe, tapi gw yakin kalian bakal nyesel kalau ngak cobain. Pada part 1 ini gue akan kasih info ke kalian tentang kuliner jajanan pasar dan makanan pinggiran lainnya di Solo.

2016_0320_17272400

Entah apa yang terjadi tapi kemarin gue ke Solo sendiri secara mendadak untuk kulineran bersama foodies Solo kalau kalian ikutin postingan gw di Instagram @GedeinPerut, gw sering tag mereka di setiap foto perjalanan kuliner gue. Sebenernya ke Solo udah niatan dari beberapa bulan lalu, tapi karena kemarin lagi agak sibuk skripsi dan sidang jadinya sekarang baru kesampean. Kenapa sih Solo? Karena gue suka denger kalo Solo tuh makanannya enak-enak dan murah apalagi dari temen gue yang pacarnya orang Solo suka ceritain tentang Solo. Karena berdasarkan semua itu, gue kabur ke Solo selama 4 hari tapi 1 hari gue ada di jogja karena kebetulan deket banget, mungkin kalau gue lagi niat nulis gue akan tulis pengalaman 1 hari kuliner di jogja versi gedeinperut. Nah berikut ini beberapa makanan yang gue cobain di Solo, selamat membaca!

timlo sastro

TIMLO SASTRO (IDR 19K)

Timlo merupakan kuliner wajib kalau lo dateng ke Solo, Timlo enak cuman ada di Solo dan ga ada yang bisa ngalahin apalagi Timlo Sastro yang terkenal banget di pasar gede. Timlo sendiri merupakan sop dengan isian daging ayam, jeroan, sosis solo, dan telur pindang. Sayangnya gue ga begitu suka jeroan dan gue lupa untuk pesen tanpa jeroan. Walaupun begitu rasa dari sop ini enak banget karena walaupun kelihatan bening tapi kaya akan rasa, apalagi telor pindangnya nyerep banget bumbunya. Kalau sosis solo sendiri memang cemilan favorit gue juga walau di Jakarta, tapi di sini lebih enak lagi dan bentuknya agak berbeda karena di sini sosis solonya panjang dan gepeng untuk penyajiannya harus di potong.

Location : pasar Gedhe

2016_0321_11222000

ES DAWET AYU (IDR 6K)

Cuaca di Solo ga beda jauh di Jakarta, panas! Pas lagi jalan-jalan di pasar gue ketemu satu ibu-ibu penjual es dawet ayu. Okelah gue cobain 1 porsi yang dimana dalam 1 porsi itu terdapat bubur sum-sum, ketan hitam, cendol, dan gula aren yang ada potongan nangkanya. Instantly I fell in love and I order another bowl, Lol. Memang udara panas banget, tapi es dawet ini beneran enak loh guys!

Location : pasar Gedhe

WEDANG ASLE (IDR 8K)

Jajanan malam khas Solo yang dimana biasanya dinikmatin hangat. isinya ada kolang-kaling, agar-agar, ketan hitam, roti tawar, dan lain-lain. Biasanya disajikan di angkringan atau di Jakarta sebutnya tempat nongkrong, ada di pinggir jalan tapi juga ada yang rumahan. Untuk rasa sih standart hampir sama semua tapi tentunya lebih enak daripada yang di Jakarta.

Location : dimana aja ada, kalau rame pasti enak.

2016_0320_18055000

SHI JACK (IDR 1-6K PER ITEM)

Nah di Solo banyak angkringan atau tempat nongkrong di pinggiran jalan salah satunya SHI JACK yang dimana mereka lebih mengkhususkan diri pada penyajian susu murni anti mainstream. Mereka hanya menyajikan susu murni rasa plain atau coklat aja, jadi di sini gada rasa aneh-aneh ya! Di sepanjang meja dijejerin makanan yang bisa kalian comot langsung di tempat sambil nikmatin susu lezatnya. Untuk pembayarannya mereka masih menerapkan sistem tradisional yang dimana kejujuran kalian yang diutamakan, ga mungkin kan di ingetin 1-1 kalian makan apa aja apalagi kalau lagi rame.

Instagram : @shijack_solo

Phone : 085786212929

ANGKRINGAN PLAYGROUND (IDR 3-7K PER ITEM)

Tempat nongkrong ini menjual nasi kucing dengan berbagai aksesorisnya. Kalau di atas gue udah ceritain angkringan pinggir jalan sekarang yang versi bagusnya yaitu di cafe namanya PLAYGROUND. Nah di sini sih sama aj kalian pilih makanannya sesuka kalian dan bayar deh di sini tapi lebih mahal karena tempatnya hitungannya di cafe bukan pinggir jalan lagi. Di sini makanannya di panasin dulu sebelum di sajikan, jadi okelah lebih enak daripada yang pinggiran juga rasanya.

Instagram : @Playgorund_solo

Alamat : jl. Kenanga 163 badran, solo

LEKKER GAJAHAN (IDR 3-5K)

Lekker di Solo beda dengan yang biasanya kita makan. Kalau biasa kita makan lekker itu tipis kering crispy dengan topping2 di atasnya kemudian dilipat 2, di Solo lekkernya ga tipis kering melainkan basah di dalamnya mirip kue pepe/kue yang mirip nenen itu loh, dengan topping yang specialnya mereka pisang coklat keju. Untuk rasa jangan di tanya lagi, lekker dari tempat asalnya tentunya enak banget!

2016_0323_17215200

BAKSO ALEX (kalau ngak salah IDR 15K)

Bakso hitz di Solo yang wajib kalian coba juga kalau dateng ke Solo, sayangnya gue dateng pas jam 5an jadinya cuman sisa bakso halus aja dan temenya pangsit goreng 😥 mungkin lain kali gue bakal kembali ke sini buat nyobain bakso-bakso lainnya. Dengan harga 15k kalian dapat 1 porsi bakso yang gede-gede dan dagingnya kerasa, bener-bener worth to try! Sayangnya gue udah agak kenyang jadinya cuman sanggup 1 mangkok aja.

2016_0321_11085800

BABI KUWAH (IDR 10K)

Kalau ke Solo ga afdol rasanya kalau ngak cobain babi Kuwah di pasar Gedhe! Kalau kalian mau bayangin seperti apa, ini mirip sama sekba di Jakarta. Tapi sekarang gue jarang sih nemun sekba di jalan-jalan gitu, sudah mulai langkah sekarang. Pas dateng gue udah agak siang jadi dagingnya sudah abis dan sisa samcan dan bagian-bagian lainnya yang gue ga suka. Entah mengapa samcan di sini rasanya enak banget sampe besoknya gue kesini lagi untuk beli samcan dan dagingnya tapi di beda tempat dan rasanya juga ternyata enak. Intinya semua babi kuwah di sini rasanya “MANTAP”!

Location : pasar Gedhe

Beberapa hari lalu gue posting salah satu gambar ini dan ada pro dan kontra dimana ada beberapa teman kita yang tidak mengkonsumsi makanan ini namun mengomentari dengan hal yang seharusnya tidak perlu. Intinya adalah gue mw sampaikan ke kalian kalau perbedaan itu indah dan jangan hanya karena kalian not into something maka kalian langsung menjudge hal tersebut buruk, menjudge sesuatu tidak membuat hidup kalian lebih baik. Semoga kedepannya ngak terjadi lagi karena hal itu menunjukan bahwa negara kita ini masih perlu belajar yang namanya “toleransi”.

2016_0321_100255002016_0321_10044300

MINI (IDR 32K/ONS)

Begitulah nama kios kecil di dekat pintu masuk pasar Gedhe, namanya memang mini yang dimana mereka menjual babi panggang, chasio, ayam panggang, dan lain-lain yang terlalu menggoda iman dimana gue dan temen gue lagnsung khilaf untuk pesen babi panggang 1 ons dan chasio 1 ons buat ber2, padahal sebelum ini dan sesudah makan ini kita masih mau cobain makanan lainnya, lol. Babi panggangnya hampir mirip seperti babi panggang bangka, tapi bumbunya lebih ringan aja. Untuk chasionya sih standart dimana-mana pasti enak. Untuk harga emang agak sedikit mahal, tapi ini kalian harus cobain ya!

Location : pasar Gedhe

SATE “BUNTEL” BABI (IDR 50-55K)

OKE INI DOSA BANGET HARUS KALIAN COBA KALAU KE SOLO! Jadi babi cincang yang di bikin buntelan kemudian di wrap dengan daging lemak babi yang super berdosa abis. Tapi berbeda banget dengan sate babi di tempat lainnya, sate ini unik dan harus kalian cobain. Sayangnya untuk 1 porisnya agak mahal jadinya ga pesen banyak-banyak deh, hiks. Selain itu mereka ada juga daging dan samcan, gue pesen setengah-setengah aja biar bisa cobain semuanya. Overall gue puas banget ngebabi di sini!

Nah sementara itu dulu kuliner wajib yang harus kalian coba di Solo. Serius kak masih ada part 2? Iya dalam sehari gue bisa makan 5-7 tempat tergantung cuaca, list tempat, keadaan perut, dan tentunya dompet :’)

About Calvin Herryson

I'm a foodblogger from Jakarta-Indonesia that loved Indonesian cuisine so much! currently active in Instagram as @calvin.herryson follow me for update information about my culinary experience that will make your hunger vanish!
This entry was posted in Non-Stop Eating, solo, solo food, solo trip, Street food, trip and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s