Perjuangan Hidup Gue Di Tanggal Tua

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.

mataharimall-kompetisi

Sedikit Cerita Tentang Kehidupan Gue Sebagai Seorang Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, tentunya gue ga lepas dari yang namanya lingkaran setan tanggal tua. Yes, tanggal yang agak menyeramkan atau terkadang bisa menyeramkan banget karena saat itulah sisa-sisa penghasilan gue sudah hampir ludes semua. Walaupun gue ngak ngekos seperti temen-temen gue dari luar daerah jakarta sana, tanggal tua juga sukses memaksa gue untuk memutar otak bagaimana melakukan penghematan seefektif mungkin biar gue bisa survive sampai akhir bulan tapi tetep bisa eksis, karena biarpun mahasiswa gue juga harus yang namanya tampil maksimal diluar kampus! Setelah berjuang beberapa kali di lingkaran setan tanggal tua, tentu gue menjadi lebih hati-hati kalau udah deket-deket tanggal haram itu. Kali ini gue akan sharing 8 cara jitu gue biar kalian bisa survive di tanggal tua, tapi tetep ga sedih-sedih banget hidup kalian!

DSCF8636

DSCF8641

  1. Makan di warteg dekat kampus

IMG_20160314_190457

Inilah senjata utama gue kalau duit gue udah diambang batas, gue biasanya makan di warteg deket kampus yang lu bisa ambil sendiri tapi harganya dihitung per pilihan lauk aja, asik banget kan! Di deket kampus gue, ada warteg yang lu bisa ambil sebanyak-banyaknya sendiri tapi cuman bayar sesuai jenis lauk yang lo ambil, terpujilah ibu warteg yang baik hati ini yang mengerti banget kondisi mahasiswa tanggal uzur. Simplenya gue akan ambil nasi banyakan dengan 1 pilihan lauk aja, biar ada rasa biasanya gue akan sirem dengan kuah sop yang gratis jadi gue cuman bayar ga sampe ceban. Jadi gue tetep bisa makan puas, banyak, tapi dengan harga murah kan?

  1. Bawa makanan dari rumah

photo1460

Nah cara ini lebih efektif lagi kalau bener-bener udah ga ada sisa duit lagi pas tanggal tua, biasanya gue akan minta dimasakin atau masak sendiri dan gue bawa ke kampus atau bahasa gahoelnya adalah bawa ompreng. Tapi juga kadang gue cuman bawa nasi dan 1 lauk jadinya di kampus beli lauk lagi untuk tambahannya, jadi keluar duitnya berkurang kan untuk nasi dan cuman harus beli sedikit lauk tambahannya paling beli lauk sekitaran 5ribuan doang di warteg langganan gue.

  1. Perbanyak minum air putih

manfaat air putih untuk kesehatan

Minum air putih membantu banget kalau lagi laper, seengaknya metode ini membantu gue nahan laper di kelas dan pernah gue terapkan untuk menghemat pengeluaran gue. Jadi, di 1 hari itu gue cuman makan 1x dan sisanya minum air putih aja, ternyata bisa membantu gue nahan laper sampai hari berikutnya. Alhasil gue turun beberapa kilo setelah menerapkan metode ini selama beberapa minggu, yeayyy! Buat kalian yang ga tahan jangan di coba-coba ya, nanti sakit maag loh. Kebetulan gue udah terbiasa susah dan lagi belagak diet buat nurunin berat badan, jadi ngak bermasalah asalkan jangan di paksa ya!

  1. Hemat Bensin Kendaraan

DH1

Karena gue naik motor ke kampus, tentu masalah utama di sini adalah “Bensin” yang dimana harganya naik terus jarang turun, ngak kaya semangat kuliah gue yang sering turun tapi jarang naiknya apalagi kalau udah semester tua gini.

3egcohPfdG

ada komunitasnya loh wahai kalian para tukang nebeng

Bensin sekarat? Nebeng temen aja! Yak ini juga salah satu cara menghemat pengeluaran duit gue untuk beli bensin. Kalau mau jalan bareng temen biasanya gue akan memohon untuk di jemput biar gue ngak usah naik kendaraan sendiri ataupun bayar uang parkir karena seperti yang loe pada tau, jalanan di jakarta macet banget dan bayar parkir di jakarta mahal banget kan!

  1. Pakai Smartphone lo untuk cari gratisan makanan
screenshot_2016-04-12-11-36-041

lumayan kan bisa minum enak gratis

Sebagai pengguna smartphone yang pintar, tentu gue akan memilih smartphone yang bisa memberikan gue keuntungan. Karena gue pake handphone merk S*msung (yah promosi deh), mereka punya aplikasi bernama “S*msung Galaxy Gift” yang dimana lo bisa dapetin makanan enak dan tentunya GRATIS! Tapi sayangnya, gue ga selalu dapet karena harus cepet-cepetan dengan para fakir gratisan lainnya di luar sana. So, its about your internet connection and luck! ga hanya pengguna S*msung aja, kalia, juga bisa ikutan giveaway di luaran sana yang hadiahnya makan enak. Cara ini berhasil membuat gue makan enak di akhir bulan dan tanpa menjebol dompet.

  1. Pilih paket internet paling murah dan kuota banyak

 

paket-internet-murah-meriah

cari yang kuotanya banyak tapi murah!

Internet penting banget ngak sih? Kalau untuk gue pribadi sih penting banget apalagi gue sering update Instagram dan menjelajahi dunia maya untuk cari informasi. Salah satu penghematan gue adalah dengan memilih paket internet yang paling murah tapi kuota banyak. Jadi gue melakukan survei perbandingan dengan beberapa provider sebelum membeli paket internet yang gue mau biar ngak rugi! Cari yang bonus kuotanya banyak jadi kalian kalau gue lagi bosen bisa streaming film. Hemat kan gausah bayar mahal untuk nonton di bioskop?

  1. Jadilah fakir Wi-Fi

568-Fakir-Wifi-750x726

Kuota abis? Duit tipis? Mau internetan? Cari Wi-Fi dong! Ga cuman pas kuota udah abis sih, tapi kalian harus rajin-rajin cari wifi dimanapun kalian berada, misalnya lagi di kampus atau lagi nongkrong bareng temen, pake aja wifi terdekat dari kalian untuk menghemat kuota apalagi jaman sekarang Wi-Fi mudah didapat karena ada dimana-mana.

  1. Belanja? Cari diskonan yang gede!

Matahari-Mall-Diskon-99-Persen

Antisipasi tanggal tua gue selalu dilakukan dengan membeli barang-barang diskon biar gue bisa hemat banyak dan hidup tetap bahagia di tanggal tua nanti.  Gue sering banget jelajahin MatahariMall yang sering banget diskon gede-gedean sampe gue ngak tahan untuk ga belanja apalagi gue bisa menemukan semua kebutuhan gue khususnya barang fashion dengan harga miring yang bikin gue bisa belanja baju walaupun di akhir bulan. Efek dari diskon ini ada 2, lo hemat banyak duit atau lo khilaf dan akhirnya nge-gembel di akhir bulan dengan gaya ala kolongmerat abis belanja karena gaya lo kece habis belanja koleksi dari MatahariMall. Kadang gue khilaf dan akhirnya berakhir dengan membawa ompreng dari rumah sampai awal bulan datang.

“Kalau anak kos gimana vin? Kan jarang banget bisa belanja kalau udah akhir bulan!”

“Yakin? Coba lo pantengin video ini dan apa lu masih gabisa belanja?”

Yup #JadilahSepertiBudi yang masih bisa belanja walaupun dia anak kos pada lingkaran setan akhir bulan. Karena selalu ada cara untuk bertahan hidup di akhir bulan!

So, itu 8 cara gue untuk bertahan hidup di tanggal tua. Intinya lo harus pinter dalam mengeluarkan duit untuk keperluan lu aja, cari semua yang diskon tapi kalau ngak perlu jangan di hajar juga, yang ada lo babak belur pas akhir bulan!

Ini cerita gue, kalau lu?

About Calvin Herryson

I'm a foodblogger from Jakarta-Indonesia that loved Indonesian cuisine so much! currently active in Instagram as @calvin.herryson follow me for update information about my culinary experience that will make your hunger vanish!
This entry was posted in others and tagged , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Perjuangan Hidup Gue Di Tanggal Tua

  1. febifebriany says:

    jadi inget masa mahasiswa, goodluck ya lombanya 😉

    Like

  2. Novi says:

    Wah.. lagi tanggal tua aja bekal dari rumahnya nasi hainam.. bikin iri deh kakak

    Like

  3. Via says:

    Malam2 liat makanannya duh ga kuat

    Like

  4. Gila ini sih gw banget. Nasib anak kuliahan yak

    Like

  5. Jason Theodorus says:

    Keren sob artikel lu!

    Like

  6. Jessica says:

    Nebengers banget ya vin haha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s