BUNGA PEPAYA MANADO RESTAURANT, CIKINI – MENTENG

FRESH MADE MANADONESE FOOD FROM ORIGINAL MANDONESE RECIPE

Wah, akhir-akhir ini gue lagi sering banget ya datengin restoran khas Indonesia. Kemarin ini gue datengin restoran yang menyajikan masakan padang, sekarang gue mampir ke restoran Manado yang dimana juga merupakan makanan Indonesia favorite gue karena rempahnya yang kuat dan rasa pedasnya yang bikin diet gagal total! Bunga Pepaya merupakan salah satu hidangan khas dari Minahasa yang pasti selalu ada di setiap restoran Manado dimanapun kita datengin, dari situlah lahir nama restoran Manado bernama Bunga Pepaya ini. Yang hobi banget sama makanan berempah dan pedas wajib banget deh cobain kesini!

2017_0331_17420400

IMG_4814

Restoran Bunga Pepaya letaknya ada di Gondangdia, Cikini di daerah Mentang yang terdapat di satu bangunan rumah. Pasti kalian bakal gampang temuinnya karena logo restorannya terpampang besar di pinggiran jalan dan juga tengah bangunan restorannya.

2017_0331_16183300

2017_0331_16233900

Ketika kalian memasuki restoran ini langsung aja kalian bisa lihat masakan-masakan mereka terpampang di showcase yang terdiri dari 2 tingkat dan varian makanan dari Restoran Bunga Pepaya ini banyak banget loh sampai kau bingung mau makan apa karena enak semua. Selain makanan berat juga mereka menyediakan dessert mulai dari kue-kue tradisional yang ada di showcase maupun di kulkas.

2017_0331_16164800

Mata gue langsung terarah pada klappertart yang merupakan dessert khas manado yang berbahan dasar kelapa, dimakan pas dingin dengan tekstur creamy diselingi dengan parutan kelapa. Mantap abis!

2017_0331_161432002017_0331_161403002017_0331_16145500

Desain dari restoran Bunga Pepaya sendiri simple aja seperti layaknya rumah yang di sulap jadi restoran, dengan piring-piring cantik menghiasi tembok-temboknya memberi kesan tradisional pada ruangan ini. Yang bikin tempat ini menarik adalah hiasan piring berbentuk ikan dengan motif bewarna biru yang mencirikan daerah manado sebagai salah satu daerah penghasil hasil laut terbaik di Indonesia yang juga terkenal dengan keindahan pantainya.

2017_0331_16181100

Nah, di sini kalian bisa pilih mau makanan apa yang lagi kalian pengen, tinggal order ke pelayannya sambil ngeliat-liat showcase yang kalau perut gue ga penuh-penuh bakalan gue coba semuanya. Semua makanan di sini rata-rata khas manado seperti cakalang, ayam woku, ayam saos rica, udang bakar rica, cumi woku, dan banyak menu lainnya tentunya Bunga Pepaya tersedia di sini dengan beberapa varian masakan yang mereka sediakan.

2017_0331_162244002017_0331_162630002017_0331_16235500

Seperti yang gue bilang tadi, Bunga Pepaya juga punya banyak pilihan kue tradisional yang ga kalah menarik dengan jajanan yang kita temukan di pinggir jalan. Yang paling bikin gue mupeng adalah kue apemnya yang kelihatan enak memanggil-manggil untuk di lahap.

2017_0331_16261000

2017_0331_16253000

Setelah memesan beberapa makanan yang dimana gue hampir khilaf karena semua mau gue pesen, posisi gue sekarang datang cuman ber-4 tapi porsinya bisa buat ber-10 akhirnya dateng juga makanan dengan dominasi warna merah dan kuning karena rempah-rempah masakan yang dicampur dari berbagai banyak jenis.

2017_0331_18224300

IKAN BAKAR RICA

2017_0331_17291200

Yang namanya ke restoran manado pasti harus banget pesen ikan bakar apalagi dengan bumbu rica yang merupakan bumbu khas manado. Bumbunya pedes cocok banget dipadu sama ikannya jadi ngak usah pake sambel lagi udah enak banget, mengingat bumbu rempah cabenya di bumbu ricanya udah cukup mantep.

UDANG BAKAR RICA

2017_0331_17153300

2017_0331_17205600

Lanjut ke hidangan laut berikutnya, udang bakar dengan saus rica. Menurut gue ini udang bakarnya juara banget karena wangi dan bumbunya menyerap sampai ke daging udangnya. Dalam 1 porsi ini ada 3 ekor udang bakar yang geude-guede

CUMI GARO RICA

2017_0331_172331002017_0331_172425002017_0331_17471600

Cumi lovers, udah pernah cobain masakan Garo Rica ini? Cumi yang di sate dan di bakar kemudian di kasih bumbu rica, wah siap-siap obat kolesterol kalian di atas meja karena rasanya nikmat abis!

AYAM GARO RICA

2017_0331_17185300

2017_0331_17192600

Kalau tadi cumi, sekarang ayam yang di olah dengan bumbu garo rica ini, rasanya tentu aja pedes. Bisa di liat dari sambelnya yang merah-merah menyelimuti potongan ayamnya, makin lengkap kalau di makan sama nasi putih hangat lah ya!

IKAN GORENG SAMBAL DABU-DABU

2017_0331_17241000

2017_0331_17285800

2017_0331_17323400

2017_0331_17441700

Nah, kalau di Bali terkenal dengna sambal matahnya di Manado terkenal dengna sambal Dabu-Dabu yang hampir mirip bentukannya cuman sambal Dabu-Dabu pakai tomat dan ga pedes mengingat masakan Manado sendiri udah pedes.

AYAM WOKU

2017_0331_17245400

Menu wajib buat gue di setiap restoran manado! Kalau ditanya kenapa gue bisa suka banget sama masakan manado mungkin dimulai dari pertama kali gue cobain ayam woku yang menurut gue the best banget karena ayam di masak dengan campuran banyak rempah-rempah dan rasanya pedas tapi berbumbu. Ayam woku merupakan masakan ayam paling favorite gue di dunia ini kayaknya, ga ada yang lain bahkan ayam pop dari padang pun pesonanya kalah dengan ayam woku.

IKAN CAKALANG

2017_0331_17254200

Selanjutnya makanan manado wajib lainnya adalah ikan cakalang! Semacam ikan suwir yang di masak dengan bumbu-bumbu rempah yang bikin wangi dan cukup dengan nasi hangat aja uda bisa bikin perut kenyang hati senang. Ikan cakalang di restoran Bunga Pepaya ini menurut gue one fo the best sih di Jakarta selain restoran manado langganan gue sebelum tau restoran Bunga Pepaya.

IKAN TONGKOL SAOS RICA

2017_0331_173443002017_0331_17351900

Masih dari masakan rica, kali ini ikan tongkol goreng di masak dengan sambal rica. Pada dasarnya semua bumbu ricanya sih sama aja cuman dengan apa mereka mengaplikasikannya pada bahan utamanya, jadi ya apapun makanannya yang penting bumbunya bumbu rica!

SOP IGA KACANG MERAH

2017_0331_18201100

Ini the best banget menurut gue di sini karena rasa kuah kacang merahnya enak banget! Daging iganya juga udah empuk dan demikian pula kacang merahnya. Sensasi terbaik makan sop ini adalah abis pedes-pedesan terus nyeruput kuah hangatnya jadi seakan-akan hilang rasa pedesnya.

OTAK OTAK

Otak-otak di restoran bunga Peaya gede loh guys, jadi dalam seporsi mereka cuman kasih 3 biji aja.

PERKEDEL NIKE

2017_0331_17342200

Apaan tuh nike? Semacam ikan kecil mirip ikan teri yang olah kayak perkedel tepung dan di goreng garing. Ini lebih ke cemilan sih buat gue karena mirip bakwan yang rasanya asin gurih dan juga wangi karena terdapat ikan nike di dalamnya.

PERKEDEL JAGUNG

2017_0331_17215300

No comment needed, cemilan favorite orang indonesia kebanyakan yang entah asal usulnya apa berasal dari manado atau bukan yang penting rasanya enak!

BUNGA PEPAYA

2017_0331_17252100

Yang terakhir tentu saja hidangan yang juga jadi nama dari restoran ini, yaitu bunga pepaya! di sini mereka punya banyak macam varian masakan bunga pepaya yang di sesuaiin sama selera kamu. Aku cobain yang polos aja karena pengen tau gimana rasanya bunga pepaya dari restoran ini, dan ternyata enak loh!

2017_0331_16251000

Kali ini gue sejujurnya agak susah mendeskripsikan bagaimana rasa makanan tersebut karena kebanyakan rasanya pedas, gurih, dan berempah. Masalahnya gue ga sekepo itu untuk tanya rempah-rempahnya apa aja yang penting makananya enak, biarkan masakan manado punya rahasianya sendiri soal rempah-rempah masakannya biar gue tetep penasaran untuk nyobain tempat-tempat restoran manado lainnya. Overall, menurut gue Bunga Pepaya rekomen banget buat yang demen masakan manado, bisa di bilang nilainya 8/10 dari gue secara pribadi dan temen-temen foodblogger gue pun setuju kalau Bunga Pepaya masakannya enak.

Open Hours : 10.00 – 22.00

Address : Jl. RP Soeroso 16, Gondangdia-Menteng, Jakarta Pusat

Phone : (+6221) 3141616

Email : info@bungapepaya.com

Instagram : @Bunga_Pepaya

Web : http://www.BungaPepaya.com

About Calvin Herryson

I'm a foodblogger from Jakarta-Indonesia that loved Indonesian cuisine so much! currently active in Instagram as @calvin.herryson follow me for update information about my culinary experience that will make your hunger vanish!
This entry was posted in jakarta, Jakarta Food, jakarta pusat, Non-Stop Eating and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s