DISCOVER SUMBA ISLAND WITH CALVIN’S – PART 1

Beberapa waktu lalu gue baru aja balik dari pulau keren bernama Sumba yang dimana ini pertama kalinya gue pergi ke Nusa Tenggara Timur (NTT) seumur hidup gue untuk berpetualang karena diajak sama temen gue Asoka Remadja, kebetulan dia adalah seorang travel blogger dan lagi open trip ke Sumba. Setelah gue pikir-pikir kenapa enggak cobain dateng ke tempat yang ga biasa bagi gue seorang food blogger yang biasanya travelling ke kota-kota dan negara-negara lain untuk cari makan. Bisa di bilang ini pertama kalinya gue nulis blog tentang travelling yang bener-bener travelling tanpa ada review makanan ataupun hotel, kalaupun ada cuman akan jadi pelengkap cerita gue  aja, yuk lanjut baca!

IMG_6161

Sebelumnya kalian tau ngak sih pulau sumba itu dimana? Pulau Sumba letaknya di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki 4 kabupaten, yaitu sumba barat, sumba barat daya, sumba tengah, dan sumba timur. Kota terbesarnya adalah Waingapu yang berada di Sumba Timur, kota ini memiliki bandar udara dan pelabuhan yang menjadi penghubung utama dengan pulau lainnya seperti flores, sumbawa, timor, dan lainnya.

IMG_6086

Karena gue dari Jakarta, ga ada pesawat yang langsung direct kesini jadi harus transit di Bali dulu, gue pergi tanggal 17 ke bali dan tanggal 18nya baru ke Waikabukak tepatnya di Airport Tambolaka jadi ngak kecapean di jalan. Kenapa Tambolaka? karena kita mau explore beberapa bagian Sumba dari ujung ke ujung, kita berencana untuk explore dari bagian Sumba Barat ke Sumba Timur jadi pas pulang nanti ke Bali ngak perlu balik lagi ke Sumba Barat. Sesampainya di kota kita langsung makan siang, taro semua bawaan dan ngegas ke tujuan pertama kita yaitu Danau Weekuri yang berbatasan langsung dengan laut, wah super ga sabar!

IMG_6110

Harus kalian tau kalau sumba masih tradisional banget, rumah-rumah di sini belum berbahan dasar semen melainkan batang kayu dan tumpukan jerami. Kalau di kota kalian gampang dapetin sinyal dan listrik bukan hal sulit, cuman kalau udah keluar dikit aja langsung deh smarphone kalian cuman buat foto doang fungsinya karena ga ada sinyal sama sekali. Di sini alamnya masih bersih dan udaranya seger banget, walaupun cuacanya panas tapi ga kerasa karena rasa excited gue untuk explore Sumba ngalahin semuanya.

Processed with VSCO with s2 preset

Jalanan di sini ga semuanya mulus dan kiri kanan masih hutan-hutan, jadi sangat disarankan untuk sewa mobil ber-CC gede karena nantinya bakalan banyak jalan yang curam dan terjal karena belum semua tempat jalanannya mulus. Kalau kesini lebih baik pake mobil karena jalanan berdebu, berbatuan, banyak lobang-lobang jebakan betmen yang lumayan dalem. Gue pake local tour guide yang sangat berpengalaman banget dan nyetirnya jago, beruntung banget tour guide kita ini baik. Sepanjang perjalanan pemandangannya keren abis sampe gue ga berhenti jepret-jepret foto, jangan lupa bawa baterai kamera cadangan, powerbank, dan pengisi daya lainnya karena jangan ngarep ada colokan.

IMG_6111

Setelah ngelewatin hutan akhirnya ketemu dengan warga lokal yang lagi jalan naik kuda, ternyata rata-rata orang desa di Sumba bisa naik kuda loh! yang lebih hebatnya lagi mereka ngak pakai pelana, gila kalau gue udah jungkri balik kali belom jalan juga.

IMG_6114

Serasa dikirim pencerahan dari tuhan gitu background fotonya.

Kita juga ngelewatin rumah-rumah tradisional mereka yang bentuknya lucu, ternyata yang kerucut ke atas itu dibuat untuk nyimpen makanan biar lebih aman guys. Nah, di depan rumah mereka kayak ada susunan batu berbentuk persegi yang ternyata setelah gue tanya itu adalah kuburan! Serem juga ya di setiap rumah punya kuburan. Kuburan ini tenyata di pakai oleh semua anggota keluarga, jadi ga cuman 1 orang aja yang ada di dalam kuburan itu.

IMG_6127

 

Akhirnya sampai juga deh di Enterance Danau Weekuri setelah 2 jam di jalan, di sini ada post penjaga dan banyak anak-anak main di sini. Kita cuman turun dikit aja udah keliatan danaunya yang bewarna biru kehijauan dikelilingi bebatuan dan pohon, wah makin excited aja dan setelah ngambil semua peralatan kita untuk foto langsung turun ke bawah!

IMG_6115

IMG_6119

Gila keren banget Danau Weekuri! di sini pemandangannya stunning abis di tambah lagi bisa main air karena air danaunya ngak dalem. Banyak anak-anak warga lokal main, seru banget liatin mereka loncat ke danau!

IMG_6118

IMG_6087

IMG_6107

Lanjut lagi bagian tepi danaunya yang yang merupakan bebatuan karang, kita harus jalan ke bagian tengahnya biar dapet view danau sekaligus laut bersebelahan. Disini kalian harus hati-hati karena batu karangnya tajem banget, kalau jatoh bubar deh mood liburan lu.

IMG_6108

Setelah jalan ke tengah dengan mengumpulkan keberanian yang tersisa, ternyata gue ga rugi sampai di sini, KEREN ABIESS! Dari atas sini kita bisa ngeliat Danau Weekuri secara keseluruhan, im so bleesed to watch this beautiful of nature!

IMG_6122

Processed with VSCO with s2 preset

IMG_6161

Oh iya, kenalin ini team #AkuJalanJalanLoh selama 3 hari kedepan.

Lanjut ke sisi satunya yang ga kalah keren, di sini siap-siap deh dapetin foto bagus di atas tebing batu karang yang langsung mengarah ke laut!

IMG_6120

IMG_6167

Im so happy, lol! #honestlyyes

Processed with VSCO with s2 preset

Kita gabisa lama-lama di sini karena waktunya terbatas dan ga sempet buat nyemplung ke Danau Weekuri, semoga next time kalau balik lagi kesini bisa main air! Next destination kita bakalan ke desa adat Ratenggaro yang berjarak sekitar 30 menit dari Danau Weekuri. Medan perjalan tetap sama berbatu dan berdebu, cuman karena kita sepanjang perjalanan ga pernah diem, jadi perjalanan kita ini kerasa cepet. By the way, kalau kalian mau contact driver yang gue pake bisa langsung email atau chat gue di Line aja ya guys. Lanjut ke Discover Sumba Island With Calvin’s Part 2!

 

Oh iya guys, Harga tiket masuk ke danau Weekuri IDR 25K per mobil dan wajib mengisi buku tamu ya!

About Calvin Herryson

I'm a foodblogger from Jakarta-Indonesia that loved Indonesian cuisine so much! currently active in Instagram as @calvin.herryson follow me for update information about my culinary experience that will make your hunger vanish!
This entry was posted in Non-Stop Holiday, Sumba Trip and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to DISCOVER SUMBA ISLAND WITH CALVIN’S – PART 1

  1. Love the picture
    Love the story!
    And so happy that you decide to explore the island with me hehe :))
    Lets go explore another island
    Ambon!
    Raja ampat
    Togian island
    Wohoooow

    Like

  2. Omri Ben-Canaan says:

    Cool. Check this out: https://youtu.be/PdeD0-IdbRE

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s