DISCOVER SUMBA ISLAND WITH CALVIN’S – PART 5

Hari terakhir untuk explore Sumba karena kita di sini cuman 4 hari 3 malam dan besok pagi udah balik lagi ke Bali. Hari ini tujuan kita cuman satu yaitu Air Terjun Tanggedu yang jaraknya sangat amat jauh kota, kebetulan kita bakal ngelewatin Puru Kambera yang katanya juga keren banget tempatnya. Setelah kemarin main air di Air Terjun Lapopu, hari ini bakalan main air lagi dan makin excited karena katanya jauh lebih keren dan medannya lebih menantang!

Perjalanan sangat amat jauh dan jalanannya naik ke bukit-bukit ngelewatin savana dan lain-lainnya yang bikin makin ga sabar buat cepet-cepet nyampe. Tujuan Pertama kita adalah Puru Kambera yang merupakan savana di tepi laut yang katanya banyak kuda-kuda liar berkeliaran di sini yang bisa di tunggangin, ga sabar nih mau coba naik kuda untuk pertama kalinya!

Sepanjang Perjalanan semuanya cuman padang rumput dengan segaris jalan doang, berasa jauh banget gitu. Ga lama kemudian kita sampe juga di Puru Kambera yang luas banget dan bersebelahan sama laut. Di sini sih panasnya maksimal jadi dsarankan untuk pake sunblock sebanyak-banyaknya kalau ga mau kulit kamu kebakar. Kebetulan banget pas sampe sini kuda-kudanya lagi ga ada, pupus sudah niat gue naik kuda.

Asoka Drone Puru Kambera 1

Asoka Drone Puru Kambera 3

Asoka Drone Puru Kambera 4

Sejauh mata memandang ini isinya rerumputan aja, untuk cari spot foto kalian harus turun dari jalan ngelewatin jalanan setapak bebatuan. Harus hati-hati di sini karena batunya lumayan tajem, liat-liat juga karena banyak batu yang ketutupan sama rumput kering.

Udah dapet spot foto yang bagus saatnya cari angle terbaik! Di sini gue pake go-pro biar bisa ambil angle lebih luas, keren banget kan tempat ini walaupun isinya cuman rerumputan doang dan ga ada kudanya. Mungkin kudanya lagi cuti bersama -_-

Wefie Time!

Processed with VSCO with s2 preset

Kzl bat rambut terbang-terbang

Setelah kita puas foto-foto, kita lanjutin perjalanan ke Air Terjun Tanggedu yang masih jauh. Pas di jalan kita ketemu sama kuda-kuda yang lagi makan dan langsung aja suruh sopirnya berhenti dan ambil beberapa foto!

Lagi makan dia gabakal peduliin sekitar, btw jangan berdiri di belakangnya ya kalau ketendang lagnsung amsyong soalnya.

Ini Kuda-kuda ternyata punya orang, ada yang kuda balap juga loh di sini.

Ngiri sama rambutnya yang on point banget.

Tengah jalan kosong banget gilaks!

Lanjut lagi perjalananya yang ga kunjung sampai, akhirnya kita ada di salah satu puncak bukit yang lumayan tinggi jadi bisa ambil foto pemandangan di bawahnya, kapan lagi ketemu tempat oke gini.

Asoka Tenggedong 2

Asoka Tenggedong 1

Nih pemandangan sepanjang perjalanan gue

Keren banget kan tempatnya? langsung aja cari tempat yang oke banget buat foto dan langsung pose karena kita gabisa lama-lama berhentinya. Ini pose favorite si bapak ketua Asoka, pinjem posenya ya pak mumpung pemandangannya bagus banget!

Gile cuy di sini panas banget berasa deket sama matahari, cuman ga kerasa karena udaranya bersih ga berpolusi.

Pemandangan di Sumba ini emang keren banget, sepanjang perjalanan selalu rasanya pengen berhenti dan ambil foto. Ini salah satu terusan dari sungai Tanggedu yang menandakan kalau bentar lagi kita bakalan sampe.

Sayangnya kita berhenti lagi untuk foto-foto karena tempatnya cucok!

Oke udah kelamaan di jalan sekitaran 4 jam dan akhirnya sampe juga di pintu masuk Ai Terjun Tanggedu, ternyata dari sini masih harus jalan lagi sekitar 1 km ke air terjunnya. Gue pikir cuman 1 km doang gampang lah ya biasa treadmil lebih jauh lagi, cuman di sini medannya extreme.

Pertama kalian harus lewatin padang rumput yang sangat jauh entah berapa kilo tapi kita jalan setengah jem-an lebih di bawah terik sinar matahari, ga lupa tentunya foto-foto di beberapa spot karena banyak juga loh spot menarik di sini.

breathtaking scene

Abis dari padang rumput tak berujung itu, akhirnya sampai juga ke enterance sebenarnya dari Air Terjun Tanggedu. Di sini kalian dikenakan biaya masuk IDR 5K per orangnya, setelah itu siap-siap deh tracking turun yang lumayan curam, bukan lumayan sih tapi curam banget buat gue yang jarang tracking. Saking securenya gue tracking sampe ga peduli buat ambil foto lagi, kebetulan gue lebih sayang sama nyawa gue daripada foto bagus kali ini. Tracking ke bawah sekitar 20 menit, kalau lu jago sih pasti bisa lebih cepet.

Akhirnya sampai juga

Setelah sampe gue udah hampir kehabisan nafas, cuman pas ngeliat air terjunnya langsung semangat lagi dan langsung aja keluarin senjata buat ngambil foto. Ada beberapa sisi di air terjun ini, di yang paling depan itu aman buat loncat dari tempat tinggi.

Gila cuy ini lebih keren daripada Air Terjun Lapopu kemarin, di sini lebih jauh lagi alirannya dan banyak tumpukan air terjunnya. Cuman di sini lebih deras lagi arusnya di beberapa bagian dan ga semuanya bisa di berenangin.

Processed with VSCO with s2 preset

Manjat lagi ke tmepat yang lebih tinggi bakal nemuin air terjun ini yang paling keren diantara semua air terjun tadi, wah keren banget deh tempat ini!

Inilah muka-muka kesenengan maen air, seger banget dan bersih! Ga berasa badan gue udah belang karena dijemur terus seharian, sunblock yang gue pake padahal SPFnya udah paling tinggi tapi masih ga mempan, katanya harus pakai tanning oil biar ga kena sunburn.

EKWV2485

Udah puas main air, kita langsung naik lagi melewati jalanan penuh bahaya tadi karena kalau malem gabakal keliatan apa-apa karena ga ada lampu di sini. Pas di padang rumput yang tadi kita lewatin, ada kuda-kuda baru pulang les kayaknya karena tadi siang ngak ada. Seneng banget dengan pemandangan ini, pengen bawa pulang deh rasanya.

Kita balik dari Air Terjun Tanggedu ngelewatin jalanan tadi lagi yang super jauh, cuman karena kita udah capek maksimal jadinya ketiduran dan ga berasa udah sampai ke Kota. Abis makan malam kita berencana untuk ngeliat bintang entah dimana, lokasinya ada di tiang pemancar siaran TV gitu.

Keren banget bintang di sini, karena udaranya masih bersih bebas polusi jadi kita masih bisa ngeliat bintang dengan jelas. Bener-bener unforgetable trip deh di Sumba, gue dapet pengalaman baru yang super seru banget dan kayaknya gue bakalan sering travelling ke pulau-pulau seperti ini kedepannya. Anyway, thaks for reading dari part 1 sampai 5!

About Calvin Herryson

I'm a foodblogger from Jakarta-Indonesia that loved Indonesian cuisine so much! currently active in Instagram as @calvin.herryson follow me for update information about my culinary experience that will make your hunger vanish!
This entry was posted in Non-Stop Holiday, Sumba Trip and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.