DISCOVER SUMBA ISLAND WITH CALVIN’S – PART 2

Setelah asik foto-foto di Danau Weekuri, kita langsung jalan ke Desa Ratenggaro yang jaraknya sekitar 30 menit. Perlu di note kalau di sini gabakalan ada yang namanya macet, lampu merah, tetapi yang menentukan adalah seberapa jago yang bawa mobil di medan yang masih belum sepenuhnya mulus dan kiri-kanan hutan. Desa Ratenggaro ini memiliki keunikan yaitu rumah adat yang atapnya menjulang tinggi dan di bagian belakang dari desa ini ada Pantai Ratenggaro yang super cantik pas lagi sunset.

IMG_6137

Desa Ratenggaro merupakan desa adat yang masih memegang teguh adat sumba, walaupun begitu mereka welcome banget loh sama turis. Oh iya, kalau kesini jangan lupa bawa cemilan, buku, atau apapun biar kita ngak terkesan cuman dateng aja sebagai turis tapi kita bisa bonding ke penduduk sekitar.

IMG_6146

Mereka ramah banget dan mau di ajak foto bareng loh!

IMG_6172

Meet my new friends, Rere! Kita baru aja kenal di trip ini, dia orangnya asik loh.

IMG_6128

Seperti biasa para blogger ini sedang sibuk mencari angle bagus buat foto dan vlognya masing-masing. Beberapa tentunya kalian udah kenal, nah gue juga dapet temen baru di trip ini namanya Feli. Seru ya dapet banyak temen!

IMG_6136

Ini anak fiercenya dapet pas di foto, kudanya juga photogenic.

Setelah eksplorasi desa ini, kalian harus jalan ke bagian belakangnya karena ada pantai Ratenggaro yang juga menarik untuk di foto. di sini pasirnya agak pink-pink gitu loh dan bersih banget!

Processed with VSCO with s2 preset

IMG_6134

IMG_6132

IMG_6131

IMG_6133

IMG_6135

Emang ngak nyesel ke Desa Ratenggaro, orangnya ramah-ramah dan pemandangannya ajib! Sayangnay di sini anak-anak dan orang dewasanya agak nyebelin suka minta duit, jadi seperti yang gue bilang sebelumnya lebih baik bawa permen, cemilan, atau buku aja daripada ngasih duit. Nah, abis ini kita lansung ngejar sunset ke Pantai Bawana yang jaraknya sekitar 1 jam dari Desa Ratenggaro. Di sepanjang jalan kita was-was karena hari udh mulai gelap dan sunset udah mau habis, untungnya pas sampe gue langsung pasang tripod dan dapetin foto ini karena sesudah itu semuanya jadi gelap ga keliatan apa-apa.

Processed with VSCO with s2 preset

Perlu di note kalau kesini lebih baik siang hari karena pernah ada kejadian barang turis di paksa ambil oleh warga lokal yang ga bertanggung jawab. Tiket masuk Ke Pantai Bawana IDR 50K, cuman gue foto ini dari atas tebing yang agak jauh dari bibir pantai jadi gausah bayar. Hari udah makin gelap jadi kita langsung balik ke kota buat istirahat karena besok bakalan lebih seru lagi. Sepanjang perjalanan kalau udah malem gelap gulita karena ga ada penerangan apa-apa, yang gue heran orang lokal sini masih bisa jalan di pinggir jalan padahal kalau gue buka jendela aja kagak keliatan apa-apa.

Perjalanan balik ke Kota sekitaran 2 jam yang bikin perut kita laper, kebetulan kita semua makanan non-halal jadi mampirlah ke tempat makan Babi Se’i namanya LG Malole.

IMG_6173

Daging Se’i ini enak banget ternyata! Ngak tau kita yang kelaperan atau gimana, beberapa dari kita sampe nambah nasi. Sambelnya sih yang bikin enak dan ngangenin, sayang di jakarta belum ketemu yang se-enak ini lagi. Seporsinya ada daun singkong dan juga semacam sup babi gitu, rekomen deh pokoknya!

IMG_6184

Jangan lupa cobain sate babi mereka, ini sumpah enak banget karena bumbunya nyerep, teksturnya empuk, dan yang pasti kalau lagi laper semua makanan jadi tambah enak berkali-kali lipat!

Setelah selesai makna kita balik ke hotel, kita nginep di Hotel Sinar Tambolaka. Menurut gue hotel ini udah oke banget, bersih, luas banget, cuman wifi-nya ga berfungsi sama sekali, di sini setiap kamarnya 2 lantai tapi colokannya cuman ada 2 lebih baik kalian bawa colokan lagi. Ga sabar buat explore Sumba di hari ke-2!

Contact Hotel Sinar Tambolaka :Β  (0387) 2524088 /Β +62387 2524086

About Calvin Herryson

I'm a foodblogger from Jakarta-Indonesia that loved Indonesian cuisine so much! currently active in Instagram as @calvin.herryson follow me for update information about my culinary experience that will make your hunger vanish!
This entry was posted in Non-Stop Holiday, Sumba Trip and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s