BERBAGI BUKU BUAT ANAK INDONESIA, GIMANA CARANYA?

Sebagai pembaca setia blog gue yang mana blog adalah salah satu bentuk media digital, gue cukup bertanya-tanya apakah kalian masih sering baca buku atau justru ngelupain sama yang namanya buku? Seperti yang kita tahu, akses internet sekarang ini gampang banget apalagi di kota besar.

Processed with VSCO with s2 preset

Kali ini, gue pengen ngingetin kalian kalau tingkat akses buku di Indonesia yang ternyata masih rendah banget loh apalagi di daerah yang masih belum terjangkau dengan teknologi. Pas kemarin gue trip ke Nusa Tenggara Timur yang merupakan daerah terpencil di Indonesia, gue menemukan kalau banyak anak-anak di sini kehidupannya masih sederhana banget, untuk pergi ke sekolah aja mereka harus berjalan 1-5 km dari rumahnya setiap pagi dengan segala keterbatasan transportasi yang ada. Kalau udah menjelang malam, di beberapa tempat di NTT masih menggunakan penerangan lampu minyak dan kalau memiliki rejeki lebih mereka menggunakan genset tenaga surya.

IMG_6138

IMG_6136

Gue pun mejadi penasaran sama bagaimana kondisi sekolah mereka, gue sempet nanya-nanya ke anak-anak di beberapa daerah yang gue datengin sambil membaur menjalin keakraban sama penduduk sekitar. Ternyata mereka di sekolah tidak semuanya punya buku yang sama seperti sekolah di kota besar di satu kelas pasti bukunya masing-masing punya, gue merasa bersyukur banget dengan keadaan gue pas sekolah dulu yang punya buku untuk belajar dengan mudah walaupun kadang gue merasa males buat baca buku, setelah gue ketemu sama anak-anak ini gue sadar kalau buku itu berharga banget.

IMG_6275

Semakin berkembangnya teknologi, sekarang ini buku udah mulai tergantikan sama gadget yang memang kalian bisa temuin jauh lebih banyak daripada sebuah buku. Cuman, tau ngak sih kalau adik-adik kita yang di NTT dan daerah terpencil lainnya suka membaca buku loh! Sayangnya, ga semua adik-adik kita di daerah terpencil bisa dengan mudah dapetin buku. Padahal untuk memajukan suatu daerah, sumber daya manusianya harus terdidik dengan baik sejak dini. Salah satu cara yang paling mudah adalah membaca buku. Pas gue dateng ke desa adat, gue dimintain duit oleh anak kecil untuk membeli buku. Bukan mainan atau permen apalagi gadget yang mereka mau, tetapi buku agar mereka lebih pintar dan dapat memajukan kehidupan mereka.

IMG_4628

IMG_4679

Tentunya kalian pernah denger pepatah “Buku adalah jendela dunia” dong? Kalau pas kecil pasti kalian masih ngak terlalu peduli dengan pepatah ini sampai pada saatnya kalian ngerti kalau semakin banyak membaca, semakin kita tau banyak. Nah, gue akan ngasih info yang bisa jadi kesempatan kalian untuk bantu adik-adik kita di daerah untuk ngedapetin buku.

Dalam rangka HUT ke-60, BCA membuat sebuah gerakan sosial yang menurut aku ini penting banget untuk generasi Indonesia yang lebih baik. Setelah cari tahu di website-nya dan juga ikut berpartisipasi, aku pikir penting banget untuk share hal ini ke kalian semua.

1

Nama gerakannya adalah “Buku Untuk Indonesia.” Lewat gerakan ini, kita bisa partisipasi menyumbangkan sedikit rezeki kita untuk membantu adik-adik kita mengakses buku-buku berkualitas. Caranya gimana? Buka www.BukuUntukIndonesia.com untuk mengetahui lebih lengkap informasi mengenai gerakan #BukuUntukIndonesia di sana. Di website ini kamu juga bisa mengetahui seberapa banyak sumbangan yang sudah terkumpul dalam gerakan ini secara update.

6

5

2

Muncul pop-up seperti ini, klik OK.

Klik tombol “berbagi” kalau kamu tertarik untuk berdonasi, akan muncul pop-up yang menginformasikan kalau BCA bekerjasama dengan Blibli dalam gerakan sosial ini. Langsung aja klik “OK” dan kamu akan di arahkan ke website Blibli yang menampilkan paket-paket donasi yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan berdonasi kamu.

3

4

Nominal domasi dimulai dari RP. 100.000 sampai dengan Rp. 350.000, silakan kamu pilih jumlahnya yang mau kamu donasikan setelah itu selesaikan pembayaran. Kalian bakalan di kirim email berisikan kode voucher dari Blibli untuk ditukerkan secara cuma-cuma dengan KAOS KEBAIKAN yang bisa kalian pilih warnanya, kalau aku sih warna biru! Oh iya, sebelum melakukan pembayaran jangan lupa untuk masukan kode “GEDEINPERUT” untuk dapetin potongan nominal donasi kalian dan buat kamu yang beruntung, nanti aku kirimin hadiah secara acak untuk kalian yang udah berbaik hati ngebantu adik-adik kita.

2017_0428_16181700-01

Nah, gampang banget kan guys caranya? Sampai saat blog ini di tulis sudah terkumpul Rp 795.833.881,- loh yang nantinya akan dikonversikan dalam bentuk buku dlam gerakan Buku Untuk Indonesia. Rezeki kita ga akan pernah habis untuk berbagi, yang ada malah berlipat ganda loh. Sebelum terlambat, yuk ikutan!


About Calvin Herryson

I'm a foodblogger from Jakarta-Indonesia that loved Indonesian cuisine so much! currently active in Instagram as @calvin.herryson follow me for update information about my culinary experience that will make your hunger vanish!
This entry was posted in others and tagged , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to BERBAGI BUKU BUAT ANAK INDONESIA, GIMANA CARANYA?

  1. 1N3B says:

    Kira-kira apakah nantinya buku tersebut disebar ke wilayaj NTT aja, Kak?!
    Komunitas kami berencana bergerak ke salah satu wilayah Maluku. Siapa tahu bisa dapat akses buku2 nya juga 😉

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s