TOGEAN ISLAND NATIONAL PARK JOURNEY – BOLILANGA ISLAND

CALVIN’S FIRST EXPERIENCE EXPLORING TOGEAN ISLAND NATIONAL PARK, CENTER SULAWESI

Kembali lagi dengan pengalaman baru yang akan gue share ke kalian tentang trip terakhir gue kemarin di Taman Nasional Kepulauan Togean yang merupakan kepulauan yang terletak di Sulawesi tengah. Perjalanan ini seru banget buat gue karena gue tersadarkan akan betapa kerennya dalam laut Indonesia yang kaya akan terumbu karang, gue pengen share pengalaman gue ini ke kalian karena ini bisa jadi referensi traveling yang bakalan seru abis! Di trip gue kali ini gue ikut private trip dengan Asoka, dia yang atur semuanya jadi gue cuman ngikut doang sebagai peserta.

IMG_9001

Untuk sampai ke Kepulauan Togean kalian bisa terbang ke Gorontalo kemudian dengan perjalanan darat menuju pelabuhan, kalian bisa pilih menggunakan kapal fery atau speedboat. kalau menggunakan kapal fery akan memakan waktu sekitar 12 jam untuk sampai ke pulau yang entah namanya apa tapi padat penduduk kemudian dilanjutkan dengan perahu sampai ke Bolilanga Island. Jika kalian memilih menggunakan speed boat, maka kalian hanya akan memakan waktu sekitar 4 jam aja buat sampai langsung ke Bolilanga tanpa harus pindah-pindah kapal namun untuk sekali jalan kalian harus merogoh kantong sebesar 5-6juta per kapalnya. Selain dari Gorontalo kalian juga bisa pergi dari Ampana, dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Pelabuhan akan lebih deket lagi ke Bolilanga, cuman setelah di hitung-hitung lebih mahal cuy!

IMG_9002

IMG_9008

IMG_9009

IMG_9032

Di postingan ini gue cuman akan menceritakan dimana gue tinggal pas lagi di Kepulauan Togean, menurut gue sih ini cukup banyak hal yang bisa di ceritakan dari tempat gue tinggal selama di Kepulauan Togean.

IMG_9041

Nama Pulau yang tempat gue tinggal adalah Bolilanga Island, di sini terdapat beberapa cottage yang bisa kalian sewa dan yang perlu kalian tau adalah ini semi private, jadi cuman ada 2 cottage aja yang terisi pas gue dateng. Di Bolilanga Island ngak ada yang namanya sinyal dan listrik terbatas banget cuman dari jam 6 sore sampai 11 malam, di jam-jam tersebut kalian harus bijak melakukan pengisian gadged, kamera, dan alat elektronik kalian yang akan kalian gunakan untuk explore Kepulauan Togean besok paginya.

Processed with VSCO with m5 preset

Cottage tempat gue tinggal di Bolilanga ini cukup oke tempatnya, kalian keluar langsung disuguhi pemandangan laut yang indah dan suara deburan ombak yang membuat kalian lupa akan yang namanya deadline. Pulaunya memang ga terlalu besar, hanya satu garis pantai aja. Air laut di sini masih bersih sampai kelihatan dasarnya, super banget deh!

Processed with VSCO with k3 preset

Di sini tempat parkir kapalnya, kemana-mana naik kapalnya dari sini tetapi pas turun mah bisa langsung dari tepi pantainya. Pasir di Bolilanga Island ini juga masih bersih karena dijaga oleh penjaga cottagenya.

IMG_9044

IMG_9005

IMG_9004

Pas udah sore ternyata jadi lebih keren loh karena sunset-nya, jadi kita sempetin buat foto-foto sebanyak-banyaknya di sini. Seperti biasa gue yang foto jadinya foto gue sendiri dikit banget.

IMG_8925

Processed with VSCO with f1 preset

Processed with VSCO with k3 preset

IMG_9032

Yang paling gue suka adalah foto ini, dreamy abis! Foto ini belum di edit aja udah seperti ini apalagi di edit bakalan lebih keren. Gue sengaja ga edit banyak biar ga berubah warna asli keindahan pulau ini.

Processed with VSCO with c1 preset

Di dermaga kalian bisa loncat loh ke dalam laut, seru banget kan guys!

IMG_9038

IMG_9100

Kalau udah malem semua lampu baru nyala dan saatnya makan malam. Kalau kamu tinggal di Bolilanga, kamu udah dapet makan pagi, siang, dan malam jadi gausah khawatir bakalan kelaparan cuman menu makannya ga jauh-jauh dari ikan.

IMG_9047

Keberuntungan sepertinya lagi berpihak sama gue, pas keluar dari kamar di hari besoknya ternyata habis hujan dan ada pelangi menyambut di depan mata gue langsung. ga cuman 1 tetapi 2 pelangi kalau kalian perhatiin bener-bener.

IMG_9102

Oh iya, di sini ada 2 ekor anjing penjaga yang super ramah. Kalian bisa ajak main mereka kalau lagi senggang.

Note buat kalian, kalau kesini bawa cemilan buat yang suka nyemil karena jauh dari mana-mana, di Bolilanga emang jual cemilan cuman ga banyak pilihan dan terbatas juga. Di sini bisa masak Indomie juga, jadi sediain aja beberapa bungkus kalau laper. Nah buat yang butuh contact tour guide gue di sini, instagramnya adalah @togeanjourney, di sana ada contactnya jadi bisa langsung tanya-tanya deh. Next gue bakalan kasih liat kalian keindahan bawah laut dari Kepulauan Togean dan juga rumah penduduk di sana!

Advertisements

About Calvin Herryson

I'm a foodblogger from Jakarta-Indonesia that loved Indonesian cuisine so much! currently active in Instagram as @calvin.herryson follow me for update information about my culinary experience that will make your hunger vanish!
This entry was posted in Non-Stop Holiday, Togean Trip and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s